Pada kesempatan ini kami akan memposting kata bijak tentang petani. Sebuah profesi yang kadang dipandang sebelah mata. Namun keberadaan mereka berperan penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Dari hasil pekerjaan mereka hampir semua sumber bahan baku didapatkan baik untuk kebutuhan pangan sampai industri.

Kumpulan Kata Bijak Tentang Petani

Berikut ini kumpulan kata bijak tentang petani dari tokoh terkenal dunia. Semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi dalam menjalani kehidupan yang lebih baik.

Kata Bijak Tentang Petani Bagian I

  1. Petani itu adalah seorang yang berkeyakinan baik, orang yang bermoral tinggi, dan memiliki cinta kepada kebebasan yang kokoh. (Che Guevara)
  2. Petani miskin bukan disebabkan oleh hama, tetapi oleh tata niaga yang tidak adil. (Pidi Baiq)
  3. Petani harus optimis atau dia tidak akan tetap menjadi petani. (Will Rogers)
  4. Pekerjaan petani adalah yang paling menyenangkan dan penuh harapan. (Martin Luther)
  5. Kerja seorang guru tidak ubah seperti kerja seorang petani yang sentiasa membuang duri serta mencabut rumput yang tumbuh di celah-celah tanamannya. (Abu Hamid Al Ghazali)
  6. Agar bisa bisa menanjak di dunia ini, kau harus menjadi sarjana. Dan begitulah ceritanya sehingga dunia kehilangan banyak petani, pembuat roti, pedagang barang antik, pemahat, dan penulis hebat. (Paulo Coelho)
  7. Pernahkah kita berterima kasih kepada para petani penanam benih? Keramahan yang putih, ketulusan yang tak pernah menagih. (Habiburrahman El Shirazy)
  8. Terkadang cinta memang seperti rumput liar di perkebunan. Tumbuhnya tidak dikehendaki. Ia pun terkadang merusak tanaman yang kita pelihara. Begitulah hidup. Jika nggak ada rumput liar itu, kita nggak akan tahu segigih apa para petani mempertahankannya. (Hengky Kumayandi)
  9. Keindahan puisi bisa dilihat seperti keringat di dahi petani yang sedang menyiangi gulma di antara rumpun-rumpun padinya, atau seperti ompol bayi yang mulai mengering setelah diserap oleh kain popok. Tantangannya adalah; bisakah kita memberi kandungan makna pada apa saja yang hendak kita jelmakan jadi keindahan itu? (Hasan Aspahani)
  10. Maksudmu kau ingin mengatakan kepadaku bahwa selama ini kau masih membaca buku? Di mana-mana tak ada istri petani yang membaca buku! Memangnya apa yang ada di kepalamu? (Jun’ichi Watanabi)

Kata Bijak Tentang Petani Bagian II

  1. Keluarga saya adalah keluarga petani miskin, dan kami hidup di bawah pemisahan yang mutlak. (Alice Walker)
  2. Orang yang cerdas membutuhkan orang bodoh untuk memimpin mereka. Ketika sebuah tim terdiri dari sekumpulan ilmuwan, yang terbaik adalah memiliki seorang petani yang memimpin. Cara berpikirnya berbeda. Lebih mudah untuk menang jika Anda melihat orang-orang dari sudut pandang yang berbeda. (Jack Ma)
  3. Orang-orang bodoh, petani, dan orang-orang liar menganggap diri mereka lebih jauh dari binatang buas daripada seorang filsuf. (Antoine De Rivarol)
  4. Apa pun waktu atau keadaannya, perasaan bahwa saya seorang petani memberi saya kemandirian yang langka. Memang, tanah itu selalu ada. Saya dapat kembali ke sana kapan saja. (Anwar Sadat)
  5. Bahkan jika seorang petani berniat untuk bermalas-malasan, ia bangun tepat waktu untuk memulai lebih awal. (Edgar W. Howe)
  6. Saya suka petani; mereka tidak cukup bijaksana untuk beralasan buruk. (Montesquieu)
  7. Saya tidak percaya pria hebat. Mereka menghasilkan gurun keseragaman di sekitar mereka dan seringkali genangan darah juga, dan saya selalu merasakan kesenangan seorang pria kecil ketika mereka datang sebagai petani. (Edward M. Forster)
  8. Seorang petani bergantung pada terlalu banyak hal di luar kendalinya; itu membuat kesopanan. (Bharati Mukherjee)

Demikianlah kumpulan kata bijak tentang petani, semoga menginspirasi.